Wednesday, August 15, 2012

Majlis Kahwin Lesbian Di Taiwan


Huang Mei-yu dan pasangannya You Ya-ting berikrar di hadapan patung Budha dan melangsungkan acara pertukaran tasbih di Taoyuan, Taiwan Utara.

Huang Mei-yu (kiri) dan pasangannya You Ya-ting disambut oleh Biksuni Shih Chao-hui sebelum upacara pernikahan sebagai pasangan lesbian pertama yang dinikahkan dalam pemberkatan Budha di Taoyuan, Taiwan.

Dua perempuan mengikrarkan diri sebagai pasangan dalam pernikahan sesama jenis pertama dengan pemberkatan ajaran Budha di Taiwan, sebuah langkah yang menurut kelompok-kelompok HAM akan membantu menjadikan Taiwan, kawasan pertama di Asia yang melegalkan pernikahan gay.

Fish Huang (Huang Mei-yu) dan pasangannya You Ya-ting, yang sama-sama mengenakan gaun pengantin warna putih, berikrar di hadapan patung Budha dan melangsungkan acara pertukaran tasbih, bukan cincin, di Taoyuan, Taiwan Utara.

Hampir 300 penganut ajaran Budha memanjatkan doa untuk memberkati pasangan yang sama-sama berusia 30 tahun itu.

Shih Chao-hui, biksuni yang memimpin upacara itu, menyebut pernikahan tersebut sebagai momen bersejarah. Orangtua pasangan itu sama sekali tidak hadir dalam upacara itu.

Taiwan adalah salah satu negara di Asia Timur yang paling liberal secara budaya.   Kelompok-kelompok gay dan lesbian telah selama bertahun-tahun mendesak pemerintah untuk melegalkan pernikahan sesama jenis.

Untuk membangkitkan kesadaran akan masalah ini, sekitar 80 pasangan lesbian meresmikan diri sebagai pasangan tahun lalu dalam pernikahan sesama jenis terbesar di  Taiwan, yang menghadirkan sekitar 1000 teman, kerabat dan orang-orang yang ingin tahu.

No comments: